Berita  

Covid 19 Kembali Meningkat, DPRD Medan Imbau Masyarakat Senantiasa Waspada

MEDAN (Ketix.id) : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kota Medan, H. Ihwan Ritonga, meminta masyarakat bersikap bijak dan senantiasa waspada dalam menyikapi meningkatnya kembali kasus Covid-19 yang di Kota Medan.

Ihwan juga mengimbau agar masyarakat dapat kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai anjuran pemerintah.

“Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Medan, kasus Covid-19 di Kota Medan kembali meningkat. Tentunya kita tidak perlu panik, tapi harus menjadi perhatian bersama. Diimbau agar masyarakat tetap waspada dan kembali menerapkan Prokes,” ucap Ihwan Ritonga kepada wartawan, Sabtu (30/12/20238).

Dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Medan tersebut,
untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Terkhusus di tempat-tempat keramaian, masyarakat diimbau untuk kembali menggunakan masker.

“Sesaat lagi kita akan libur tahun baru. Kita harapkan masyarakat bisa kembali menggunakan masker, hal ini untuk kebaikan kita bersama,” ujarnya.

Ihwan pun menambahkan, kepedulian untuk mencegah penyebaran angka kasus Covid-19 sangat penting untuk dibangun secara bersama-sama ditengah-tengah masyarakat.

Sebab bila kasus Covid-19 kembali meningkat, maka masyarakat sendiri yang akan merasakan dampak negatif yang ditimbulkan.

“Tentu kita tidak ingin perekonomian kembali terpuruk seperti saat pandemi. Alhamdulillah saat ini ekonomi mulai bangkit, dan hal ini harus pertahankan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, kasus Covid-19 di Kota Medan turut mengalami kenaikan seperti halnya kenaikan kasus Covid-19 secara nasional.

Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Kesehatan mengatakan, peningkatan kasus Covid-19 di Kota Medan tampak naik cukup signifikan di Bulan Desember 2023 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Medan, dr Pocut Fatimah Fitri mengatakan, sejak 1 Desember hingga 26 Desember 2023, Dinkes Kota Medan telah menemukan 52 kasus Covid-19 di Kota Medan.

“Di Bulan Desember ini, hingga per 26 Desember (2023) kemarin, kita telah menemukan 52 kasus Covid-19 di Kota Medan,” ucap Pocut.

Dikatakan Pocut, kasus Covid-19 di Kota Medan pada Bulan Desember tersebut jelas mengalami peningkatan bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya pada periode semester kedua (Juli – Desember) 2023.

“Bulan Juli 2023 angka Covid-19 di Kota Medan hanya tercatat 11 kasus, Agustus 6 kasus, September 4 kasus, Oktober 6 kasus, dan November 12 kasus. Sementara untuk Desember ini, hingga per 26 Desember sudah tercatat 52 kasus,” ujarnya.

Meskipun mengalami peningkatan, kata Pocut, namun tidak ada satu orangpun pasien yang dirawat di rumah sakit.

“Setahu saya (saat ini) belum ada (pasien) yang dirawat di rumah sakit untuk covidnya. Kalaupun (ada) yang dirawat di rumah sakit, itu karena penyakit lainnya,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, lanjut Pocut, pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Kita imbau untuk kembali memakai masker di keramaian, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kita juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan,” pungkasnya.P06


Dilihat : 22

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *