Berita  

DPRD Medan Minta Pemko Segera Atasi Harga Cabai yang Semakin “Pedas”

MEDAN (Ketix.id) : Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan Hendri Duin Sembiring minta Pemerintah Kota (Pemko) Medan segera mengatasi lonjakan harga cabai. Sebab, harga kebutuhan pokok itu semakin “pedas”.

“Pemko harus segera mengatasi lonjakan harga cabai yang semakin pedas,”kata Hendri Duin disampaikan Sekretaris Komisi III DPRD Kota kepada wartawan di Medan, Sabtu (16/3/2024).

Duin mengatakan, kebutuhan warga terhadap komoditi bahan pangan akan meningkat setiap menjelang hari besar keagamaan. Terlebih, umat Islam saat ini sedang berada di bulan suci Ramadhan.

Dimana kebutuhan komoditi bahan pangan yang rasanya pedas itu juga meningkat. “Harusnya, menjelang Ramadhan kemarin hal ini sudah diantisipasi,” katanya.

Karena itu, politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu meminta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, termasuk Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar untuk segera mengatasi penyebab tingginya harga cabai tersebut.

“Segera cek ke lapangan, cari tahu apa penyebabnya. Kalau kita tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya, bagaimana mungkin kita bisa mengatasi masalahnya,” katanya.

Selain membuat daya beli masyarakat menurun, sebut Duin, meningkatnya harga cabai juga dapat meningkatkan angka inflasi, jika tidak segera dikendalikan. “Inflasi itu yang harus kita kendalikan, itu makanya harga kebutuhan pokok harus terkendali, termasuk cabai,” katanya.

Duin pun mengingatkan OPD terkait di lingkungan Pemkot Medan tentang program Kerjasama Antar Daerah (KAD) dengan Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, khususnya daerah-daerah penghasil cabai.

“Mungkin bisa dikomunikasikan kembali agar suplai cabai dengan harga terjangkau dari daerah-daerah tersebut bisa segera didatangkan ke Kota Medan untuk memberikan cabai dengan harga terjangkau kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, mengatakan pihaknya saat ini fokus untuk mengontrol harga cabai di Kota Medan.

Sebab, cabai merupakan komoditi bahan pokok yang mengalami kenaikan signifikan di Kota Medan. “Berdasarkan informasi yang saya terima, harga cabai saat ini lagi tinggi. Ini yang akan mau kami cek,” tandasnya. P06


Dilihat : 30

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *