Berita  

Kabupaten Batu Bara Peroleh Predikat UHC dari BPJS Kesehatan


Ketix.id

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Batu Bara, Pemerintah Kabupaten Batu Bara menandatangani MoU dengan BPJS Kesehatan Cabang Kisaran, Jumat (22/12/2023).

Penandatanganan ini dilakukan Bupati Batu Bara Zahir saat peresmian Kantor Bupati Batu Bara yang baru di Jalinsum Kecamatan Lima Puluh.

Dengan terjalinnya kesepakatan ini, kini masyarakat Kabupaten Batu Bara tidak perlu risau untuk berobat karena biaya. Pasalnya Kabupaten Batu Bara telah resmi memperoleh predikat Universal Health Coverage (UHC) pada Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada periode Desember 2023.

Hal tersebut disampaikan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kisaran saat memberi sambutan pada kegiatan launching UHC Program JKN dari BPJS Kesehatan kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara.

“Kita patut berbangga akhirnya Kabupaten Batu Bara dapat mendeklarasikan UHC di akhir tahun 2023 ini. Semua ini terjadi atas hasil kerja keras banyak pihak, baik Pemerintah Daerah Kabupaten Batu Bara serta dukungan penuh dari pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Program JKN ini,” ujar Lenny.

Tercatat sebanyak 429.814 jiwa dari total 452.079 jiwa penduduk Kabupaten Batu Bara telah terlindungi jaminan kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sehingga capaian ini telah melampaui target nasional sebesar 95 persen.

Pencapaian predikat UHC ini juga tidak terlepas dari dukungan bantuan program donasi JKN yang diberikan oleh pihak yang ikut membantu dalam penyelenggaraan Program JKN.

Sementara itu, Bupati Zahir mengatakan bahwa ini merupakan persembahan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batu Bara dalam pelayanan kesehatan. Karena dalam setiap kesempatan Zahir selalu mengatakan jangan ada satu orangpun masyarakat Kabupaten Batu Bara yang tidak berobat karena tidak punya biaya. di mana saja

Bupati Zahir mengingatkan bahwa tidak ada istilah berobat kerumah sakit itu dibatasin. Dan meminta kepada BPJS Kesehatan Cabang Kisaran menempatkan satu orang pegawai BPJS Kesehatan pada setiap puskesmas se-Kabupaten Batu Bara.

Di sela acara, Kabupaten Batu Bara menerima piagam penghargaan dari BPJS Kesehatan dan penyerahan donasi CSR PT Inalum untuk mendukung UHC Kabupaten Batu Bara tahun 2023.

Reporter : Reza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *