Berita  

Kelompok Tani Bogainvile Makin Termotivasi Atas Kehadiran Kahiyang Ayu

MEDAN (Ketix.id) : Rasa gembira dan bangga terpancar dari wajah Ketua Kelompok Tani Bogainvile, Muhammad Fadli. Sebab, penanaman cabai merah yang dilakukannya di atas lahan kosong milik warga membuahkan hasil. Ditambah lagi, panen perdana ini dihadiri langsung Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution.

Hal ini terlihat saat Kahiyang memanen cabai merah di Jalan Karikatur Kelurahan Pulo Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur, Senin (12/2/2024). Tidak hanya dirinya, Fadli pun mengaku seluruh anggota Kelompok Tani Bogainvile pun sangat senang atas kehadiran Kahiyang.

“Kami tentunya sangat senang atas kehadiran Ibu Kahiyang Ayu dan ikut bersama memanen cabai. Kehadiran beliau jadi motivasi bagi kami untuk lebih semangat menanam cabai lagi,” kata Fadli.

Kemudian Fadli menjelaskan, penanaman cabai dilakukan setelah mereka mendapatkan bantuan bibit dari Dinas Ketapang, Pertanian dan Perikanan Kota Medan dan Bank Indonesia. Bibit itu, jelasnya, selanjutnya disemai di atas lahan kosong milik warga.

“Di bulan 10 tahun lalu, kita diberi bantuan  bibit cabai merah. Dengan memanfaatkan lahan tidur dan didukung masyarakat. Alhamdulillah, bibit tumbuh dengan baik sehingga bisa dipanen,” jelasnya.

Sejak diberi bantuan bibit cabai merah, ungkapnya, sebenarnya sudah tiga kali panen. Namun di panen yang keempat ini, imbuhnya, hasilnya lebih banyak. “Lahan kosong ini sudah menghasilkan lebih kurang 4 kg cabai merah,” ungkapnya.

Soal kendala yang dialami dalam menanam cabai, jelas Fadli, selain cuaca, juga ketersediaan air karena tanaman cabai ini harus menggunakan air yang langsung dari tanah. Sebab, tidak ada sumur di seputaran lahan tersebut.

“Kita harus sedikit bekerja ekstra untuk mendapatkan air agar cabai yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan subur,”  jelasnya seraya berharap akan mendapatkan bantuan pasokan air tanah untuk tanaman cabai mereka selanjutnya.P06


Dilihat : 13

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *