Berita  

Media Gathering USU, Rektor: Jurnalis Garda Terdepan Sebarluaskan Prestasi USU

 

Delitua (Ketix.id): Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar media gathering di Hotel Pancur Gading, Pamah, Delitua, Deliserdang, Rabu (27/12/2023). Bertajuk “Good Relation, Ultimate Reputation”, media gathering ini dimaksudkan untuk mempererat jalinan kerja sama antara jurnalis dengan Universitas Sumatera Utara.

 

Rektor USU Prof. Dr. Muryanto Amin, SSos, MSi melalui Sekretaris Universitas Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked(OG), Sp.OG(K)-Fer mengatakan, kerja sama dengan jurnalis menjadi branding untuk menyebarluaskan segala prestasi yang ada di USU. Tanpa peran media, segala hal positif di USU tidak akan sampai ke masyarakat.

 

“USU di bawah kepemimpinan Rektor Prof Muryanto Amin saat ini telah mengalami kemajuan pesat, dan jurnalis mitra media USU menjadi garda terdepan dalam penyebarluasan prestasi-prestasi itu, jadi kita berharap kerja sama ini berkelanjutan dan dapat lebih ditingkatkan.

 

Prof Fidel menjelaskan, sekretaris universitas kini membidangi empat bidang, salah satunya adalah Kantor Humas Protokoler dan Promosi yang baru-baru ini mendapat penghargaan. “Empat bidang di bawah sekretaris universitas ini terus menunjukkan tren kerja positif dan mampu menopang program kerja prioritas pimpinan di USU,” katanya.

 

Kepala Humas Prtokoler dan Promosi Amalia Meutia, MPSi, Psikolog menambahkan, kegiatan yang rutin digelar setahun sekali ini adalah upaya USU untuk lebih mengeratkan jalinan silaturahmi dengan pekerja media yang menjadi mitra utama Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU.

 

“Terima kasih kepada para jurnalis mitra yang selama ini senantiasa memberitakan dan menerbitkan artikel terkait USU. Prestasi dan keberhasilan yang diraih USU selama ini juga tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara para jurnalis dengan USU,” katanya.

 

Sebagai Informasi, USU di akhir tahun mendapatkan raihan prestasi gemilang, di antaranya meraih emas dan silver untuk bidang Kehumasan dan Kerja Sama di Ajang Diktiristek 2023, mendapat predikat Informatif dari Komisi Informasi Pusat (KIP) dan penghargaan dari Huawei karena berkontribusi dalam pembinaan talenta digital Indonesia di bawah koordinasi Kantor Staf Presiden (KSP).

 

Transformasi USU pada tahun ini menuju internasionalisasi juga telah berdampak dalam reputasi USU di pemeringkatan QS World University Ranking (WUR) Sustainability Ranking dengan nilai 841-860 secara global, peringkat 234 di Asia dan peringkat 11 universitas terbaik di Indonesia. Bidang kemahasiswaan, USU juga mencatatkan prestasi level nasional dan internasional, yang terbaru adalah prestasi mahasiswa di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2023 dengan meningkatkan raihan medali, prestasi juga diraih di ajang MTQMN XVII di Universitas Brawijaya dengan mendapat peringkat 4 secara nasional. Prestasi mahasiswa USU secara akumulasi pada 2023 meraih 47 medali emas, 38 medali perak dan 50 medali perunggu di berbagai kompetisi internasional.

 

USU juga saat ini tengah membangun fasilitas pembelajaran berstandar internasional untuk menunjang kegiatan Tri Dharma, di antaranya adalah pembangunan Gedung Digital Learning Center Building yang hampir rampung, pembangunan Kolam Retensi pengendali banjir dan akan menjadi tempat rekreasi, bersama Pemko Medan membangun UMKM Center dan pembangunan gedung kemahasiswaan untuk menunjang aktivitas mahasiswa di bidang riset, seni dan budaya yang saat ini tengah berjalan.

 

Transformasi juga terlihat dalam bidang pendidikan, di mana saat ini sebanyak 44 persen program studi yang ada di USU meraih akreditasi Unggul/A dan 47 persen lagi meraih akreditasi Baik Sekali/B. Beberapa program studi juga meraih akreditasi internasional seperti S1 Teknik Kimia, S1 Kedokteran, S1 Farmasi, S1 Ilmu Keperawatan dan S1 Kesehatan Masyarakat.

 

Sedangkan akreditasi internasional on going yaitu S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro dan S1 Teknik Industri. QS WUR telah memasukkan USU menjadi 26 universitas di Indonesia dalam pemeringkatan tahun 2024 dan hanya 15 PTN serta 5 PTS yang masuk dalam pemeringkatannya. QS WUR 2024 merilis 1.500 universitas di seluruh dunia dalam pemeringkatannya pada Juli 2023.

 

Universitas Sumatera Utara juga telah memiliki standar sebagai universitas berkelas dunia (world university ranking) di peringkat 1.201 QS WUR Tahun 2023, peringkat 1.501 THE WUR Tahun 2023, urutan 5 terbaik PT di Indonesia versi Schimago Rank Tahun 2023, naik peringkat dari urutan 28 ke 12 PTN di Indonesia versi Webometric Tahun 2023, meraih 401-450 QS AUR Tahun 2023 atau naik 50 peringkat dari tahun lalu.

 

USU juga telah melaksanakan program Enhanching Quality Education for International University Recognition (EQUITY) sebagai ikhtiar untuk mencapai peringkat 500 QS universitas berkelas dunia. Proses perbaikan penilaian dari berbagai lembaga di tingkat nasional dan internasional tersebut, menjadi penguat bahwa adaptasi Tri Dharma di Universitas Sumatera Utara sedang berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan, bahkan beberapa indikator mengalami proses kemajuan lebih cepat dari rencana semula. P07


Dilihat : 13

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *