Berita  

Ramadhan Fair XVIII Resmi Dibuka, Bobby Nasution : Pentingnya Menjaga Kesucian Bulan Ramadhan

MEDAN (Ketix.id) : Pemerintah Kota (Pemko) Medan kembali menggelar kegiatan yang telah menjadi ikon Kota Medan setiap bulan Ramadhan tiba yakni Ramadhan Fair XVIII Tahun 2024.

Event sosial yang bertujuan untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan secara ekonomi meningkatkan sektor perekonomian, terutama UMKM ini dibuka langsung Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution di Taman Sri Deli Kecamatan Medan Kota, Sabtu (16/3/2024) malam.

Selain di Taman Sri Deli, Ramadhan Fair yang berlangsung mulai 16 Maret hingga 4 April 2024 ini juga digelar di Lapangan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan. Tidak hanya menyediakan fasilitas bagi ratusan pelaku UMKM kuliner maupun kriya, perhelatan bernuansa religius ini juga menghadirkan sejumlah artis ibukota seperti Ikke Nurjanah, Opick dan Band Gigi serta penceramah kondang Ustaz HM Syauqi MZ.

Tidak itu saja, Ramadhan Fair juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan di antaranya Lomba Tahfidz Qur’an 1 Juz, Lomba Busana Muslimah, Lomba Dai Cilik, Lomba Hadrah, Lomba Azan, Lomba Sholawat serta Lomba Surah Pendek.

Bobby Nasution dalam sambutannya mengatakan, pentingnya menjaga kesucian selama bulan Ramadhan ini. Salah satu caranya, jelasnya, menghilangkan kegiatan yang mengganggu aktivitas masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan suci dan penuh berkah tersebut.

“Asmara subuh merupakan salah satunya. Kegiatan ini dianggap sebagian masyarakat sebagai tradisi usai sahur dan Salat Subuh. Saya minta tidak ada lagi asmara subuh selama bulan suci Ramadhan,” kata Bobby.

Selain asmara subuh, menantu Presiden Joko Widodo ini juga meminta agar tidak ada pertikaian antar kelompok pemuda guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa.

Terkait itu, orang nomor satu di Pemko Medan ini yang hadir di dampingi Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu ini selanjutnya berpesan kepada seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan untuk berkolaborasi bersama dengan TNI dan Polri guna menjaga kesucian bulan Ramadhan dengan menghindari terjadinya hal-hal negatif di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman dalam acara pembukaan yang turut dihadiri unsur Forkopimda Kota Medan, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, Wali Kota Medan ke 16 T Dzulmi Eldin S MSi, Ketua DWP Kota Medan Ismiralda, Sultan Deli Mahmud Lamantjiji Perkasa Alam Shah, alim ulama, serta tokoh agama dan masyarakat, mengatakan digelarnya Ramadhan Fair ini sebagai bentuk konsisten Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Dikatakan Aulia, melalui Ramadhan Fair ini, Wali Kota ingin menjalankan dan menjemput keberkahan tidak hanya bagi para pedagang yang berjualan kuliner dan kriya saja, tetapi juga untuk seluruh masyarakat Kota Medan.

“Melalui kegiatan ini, mudah-mudahan dapat menghidupkan dan memutar roda perekonomian sehingga keberkahan bisa dirasakan seluruh masyarakat Kota Medan. Sebab, apapun yang saya dan Pak Wali lakukan pasti untuk kepentingan seluruh masyarakat Kota Medan,” ungkap Aulia.P06


Dilihat : 20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *