Pendaftaran seleksi pegawai BP Tapera 2025 telah dibuka mulai 20 Mei 2025 hingga 8 Juni 2025 melalui link resminya. Masyarakat yang berminat untuk melamar disarankan untuk mencermati syarat dan formasi terlebih dahulu.
Badan Pengelolaan Tabungan Perumahan Rakyat atau disingkat BP Tapera adalah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah Indonesia untuk mengelola program tabungan perumahan bagi masyarakat, khususnya para pekerja.
Mengutip laman resminya, BP Tapera bertujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan dalam rangka memenuhi kebutuhan rumah yang layak dan terjangkau bagi peserta.
Formasi Seleksi Pegawai BP Tapera 2025
Berdasarkan Pengumuman BP Tapera Nomor PENG-01/BP TAPERA/2025 tentang Pendaftaran Seleksi Terbuka Calon Pegawai Tahun 2025 BP Tapera, terdapat 24 formasi yang tersedia dalam seleksi pegawai BP Tapera 2025. Total formasi tersebut terdiri dari 20 jenis jabatan, berikut rinciannya:
- Kepala Divisi Manajemen Risiko dan Kepatuhan (1 formasi)
- Kepala Divisi Akuisisi dan Data Kepesertaan II (1 formasi)
- Kepala Divisi Pengelolaan Aset BP Tapera (1 formasi)
- Kepala Sub Divisi Perencanaan Strategis (1 formasi)
- Kepala Sub Divisi Dealer Investasi (1 formasi)
- Kepala Sub Divisi Manajemen Kas dan Setelmen Dana Aset BP Tapera dan Dana Investasi Pemerintah (1 formasi)
- Kepala Sub Divisi Evaluasi Kinerja Bank Kustodian Dana Tapera (1 formasi)
- Kepala Sub Divisi Evaluasi Kinerja Bank Kustodian Dana Lain (1 formasi)
- Spesialis Muda Keamanan Teknologi Informasi (1 formasi)
- Staf Junior Perencanaan Strategis (1 formasi)
- Staf Junior Tata Kelola Organisasi (1 formasi)
- Staf Junior Manajemen Risiko (1 formasi)
- Staf Junior Riset dan Pengembangan (1 formasi)
- Staf Junior Investasi (5 formasi)
- Staf Junior Evaluasi Kinerja Bank Kustodian Dana Lain (1 formasi)
- Staf Junior Kebijakan Layanan Digital (1 formasi)
- Staf Junior Pengembangan Layanan Digital (1 formasi)
- Staf Junior Dukungan Administrasi (1 formasi)
- Staf Junior Infrastruktur Sistem (1 formasi)
- Staf Junior Perencanaan Anggaran Teknologi Informasi (1 formasi)
Link Pendaftaran Seleksi Pegawai BP Tapera 2025 dan Cara Daftar
Setelah mengunjungi link pendaftaran, calon pegawai diminta untuk memahami tata cara pendaftaran berikut ini:
- Calon Pegawai mengisi data identitas diri dan mengisi formulir.
- Calon Pegawai hanya dapat melamar untuk satu posisi jabatan.
- Calon Pegawai mengisi dan mengunggah dokumen:
- surat lamaran asli yang ditujukan kepada Divisi Sumber Daya Manusia BP Tapera;
- surat pernyataan asli dari yang bersangkutan sesuai dengan format yang ditentukan yang ditandatangani di atas materai Rp10.000;
- Daftar Riwayat Hidup (DRH) asli sesuai dengan format yang ditentukan,
- surat keterangan catatan kepolisian yang asli dari Kepala Kepolisian yang masih berlaku; dan
- surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter asli yang diterbitkan tahun 2025.
- Calon Pegawai mengunggah dokumen yang telah digabungkan dalam satu file *.pdf sebagai berikut:
- kartu tanda penduduk yang sah dan masih berlaku;
- ijasah dan transkrip nilai jenjang pendidikan formal paling rendah S1 yang dilegalisasi oleh instansi yang berwenang;
- surat keterangan bekerja bagi pelamar yang telah memiliki pengalaman kerja; dan
- copy bukti potong pajak pribadi PPh21 Formulir 1721-A1 Tahun sebelumnya/Surat keterangan pajak pribadi PPh21 (bagi Pegawai yang sudah bekerja).
Masing-masing soft copy dokumen yang akan diunggah harus berekstensi *.pdf, berukuran maksimal 10 MB.
Syarat Daftar Pegawai BP Tapera 2025
Seleksi BP Tapera 2025 dilakukan secara terbuka, yang artinya setiap masyarakat yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti seleksinya. Berikut ini adalah syarat daftar pegawai BP Tapera 2025:
- Warga Negara Indonesia;
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
- Sehat jasmani dan rohani;
- Memiliki integritas dan kepribadian yang tidak tercela;
- Secara kolektif memiliki kualifikasi dan kompetensi di bidang yang dilamar;
- Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta Terakreditasi dengan minimal IPK 2,75, kecuali ditetapkan berbeda pada lampiran kualifikasi;
- Tidak menjadi anggota atau menjabat sebagai pengurus partai politik;
- Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana; dan
- Saat melamar bukan sebagai Pegawai Tetap BP Tapera (aktif).
Selain itu, calon pegawai juga harus memenuhi kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan pada jabatan yang akan diisi. Rincian mengenai kualifikasi tersebut dapat dicermati melalui tautan berikut ini: ( Download Pengumuman Resmi)
Jadwal Seleksi BP Tapera 2025
Seleksi BP Tapera 2025 dimulai dengan tahap pendaftaran atau penerimaan berkas administrasi pada 20 Mei 2025 dan diakhiri dengan tahapan pengumuman hasil akhir pada 8 Agustus 2025. Rangkaian seleksi ini secara garis besar dibagi menjadi tiga tahap, berikut rinciannya:
Jadwal Seleksi BP Tapera 2025 Tahap I
- Penerimaan Berkas Administrasi: 20 Mei 2025 – 8 Juni 2025
- Seleksi Berkas Administrasi: 10 Juni 2025 – 13 Juni 2025
- Pengumuman Hasil Seleksi Berkas Administrasi: 16 Juni 2025
Jadwal Seleksi BP Tapera 2025 Tahap II
- Tes Kompetensi Bidang dan Wawancara: 19 Juni 2025 – 4 Juli 2025
- Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Bidang dan Wawancara: 11 Juli 2025
Jadwal Seleksi BP Tapera 2025 Tahap III
- Tes Psikologi dan Rekam Jejak: 15 Juli 2025 – 21 Juli 2025
- Pengumuman Hasil Tes Psikologi dan Rekam Jejak: 23 Juli 2025
- Tes Kesehatan: 25 Juli 2025
- Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Calon Pegawai BP Tapera: 8 Agustus 2025
Jadwal tersebut berdasarkan yang tercantum dalam Pengumuman BP Tapera Nomor PENG-01/BP TAPERA/2025. Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijakan BP Tapera.