Berita  

Semarakkan Syiar Islam di Bulan Ramadhan, Anak-Anak dan Remaja Musholla Al – Muhajirin Rutin Gelar Tadarus Al-Qur’an

LANGKAT (Ketix.id) : Ramadhan bulan suci yang selalu dinantikan umat muslim di seluruh dunia. Di bulan ini, umat muslim dapat melaksanakan dan meningkatkan ibadahnya sebulan penuh.

Guna menghidupkan bulan suci penuh berkah ini, sejumlah Anak-anak dan Remaja pun mengelar tadarus Alquran di masjid-masjid dan mushola, tak terkecuali anak-anak dan remaja Mushalla Al-Muhajirin Jalan Idris, Lingkungan VI, Kelurahan Kwala Begumit, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Dimana setiap bulan Ramadhan anak-anak dan remaja ini rutin menggelar tadarusan, seperti Kamis (21/3/2024) malam, mereka begitu tekun melantunkan ayat ayat suci Al-Qur’an lewat gelar tadarusan.

Kegiatan tadarus Al-Qur’an secara bersama-sama yang digelar Anak-Anak dan Remaja ini setelah melaksanakan Sholat Tarawih di Mushalla Al-Muhajirin.

“Kegiatan Tadarus Al-Qur’an ini diharapkan dapat menambah kecintaan anak-anak terhadap Al-Qur’an, disamping itu juga akan menambah semaraknya syiar Islam,” kata Fahmi salah satu orangtua yang melaksanakan tadurus Al-Qur’an tersebut

Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk bagi manusia. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita sebagai umat Islam untuk mempelajari Al-Qur’an dengan cara membacanya (tadarus), memahaminya dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Istilah Tadarus sangat populer di bulan Ramadhan. Tadarus biasanya berbentuk sebuah majelis di mana para pesertanya membaca al-Qur’an secara bergantian, satu orang yang membaca dan yang lain turut menyimak.

Keutamaan Tadarus Al-Qur’an :

Di bulan suci Ramadhan, umat Islam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya adalah melaksanakan Tadarus Al-Qur’an. Berikut adalah keutamaan dalam Tadarus Al-Qur’an

1. Pahala yang Berlipat Ganda

Pada bulan puasa, semua amal ibadah yang kita lakukan akan berlipat ganda pahalanya, termasuk tadarus Al-Qur’an.

Seperti yang diriwayatkan Iman At-Tarmidji dalam hadis Rasulullah SAW, dengan membaca satu huruf Al-Qur-an, maka Allah SWT akan melipatgandakan pahala kita dengan 10 kebajikan.

“Tentu, dengan tadarus Al-Qur’an secara rutin selama bulan Ramadan, kita akan mendapatkan banyak pahala,”ungkapnya.

2. Menjalin Silaturahmi

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan adalah menjalin silaturahmi yang mungkin terputus karena kesibukan masing-masing.

Tadarus Al- Qur’an pada bulan puasa bisa dilakukan bersama-sama di masjid atau mushola. Hal ini dapat mempererat hubungan silaturahmi dengan sesama muslim lainnya.

3. Menghindari Gibah

“Dengan datang ke masjid atau mushola untuk tadarus Al-Qur’an, kita juga bisa terhindar dari perbuatan dosa seperti gibah. Seringkali kita melakukan gibah bersama teman di waktu luang,”sebut Fahmi.

Dengan meniatkan diri untuk tadarus Al-Qur’an di masjid atau musala, kita bisa menghindari gibah dan perbuatan merugikan lainnya.

4. Mendapatkan Ilmu Pengetahuan

Manfaat tadarus Al-Qur’an lainnya adalah mendapatkan ilmu pengetahuan lebih banyak tentang Al-Qur’an. Kita juga bisa belajar untuk membaca Al-Qur’an dan memahami artinya lebih baik dari sebelumnya. Dengan tadarus Alquran, kita bisa belajar dan memahami lebih baik lagi tentang isi Al-Qur’an.

5. Penolong di Hari Akhir

Alquran dapat menjadi penolong di hari akhir nanti. Rasulullah bersabda “Bacalah Al-Qur’an oleh kamu sekalian, karena bacaan Al-Qur’an yang sering dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi penolongnya nanti di hari Kiamat nanti. Oleh karena itu, dengan tadarus Al-Qur’an di bulan Ramadhan, kita bisa mendapat jaminan penolong di hari akhir kelak.

6. Mendapatkan Ketenangan

Membaca Al-Qur’an dapat menjadi penenang bagi pembaca dan pendengarnya. Menenangkan hati dan pikiran, serta cinta kepada Allah SWT, Rasulullah, dan para malaikat menjadi lebih kuat.

7. Menghindari dari Berbagai Penyakit

Manfaat membaca Al-Qur’an secara rutin ialah Allah SWT akan melindungi kita dari berbagi macam penyakit.

Orang yang istiqomah dalam bertadarus akan diberi syafaat selain ibadah puasanya. Syafaat ini bisa berupa pertolongan dari Allah SWT kepada hambanya.

Allah SWT akan memberinya ketenangan dalam hati dan pikiran, karena kebiasaannya yang sering membaca dan memahami makna isi kandungan Al-Qur’an.

Tetapi, di bulan Ramadan ini tidak hanya tadarus Al-Qur’an saja yang pahalanya akan berlipat ganda, melainkan semua amalan baik yang kita lakukan. Salah satunya adalah dengan membayar zakat fitrah.ril


Dilihat : 11

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *