Berita  

[Update] Capres Ganjar Ziarah ke Makam Ulama Ahli Pertanian di Magelang – Ketix.id

Ketix.id.ID MAGELANG Calon Presiden RI Ganjar Pranowo berziarah ke makam ulama ahli pertanian sekaligus pendiri pesantren K.H. R. Ma’shum saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ma’shum, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu.

Mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut mengatakan bahwa Ma’shum merupakan ulama karismatik karena memiliki sejarah perjuangan di tengah masyarakat.

“Alhamdulillah, bisa sowan ke pesantren dan bisa berziarah ke makam K.H. R. Ma’shum. Beliau ini pejuang untuk masyarakat di sini,” kata Ganjar dalam keterangan yang diterima di Jakarta, (3/1/2024).

Berdasarkan cerita masyarakat setempat, lanjut dia, Ma’shum dapat mengubah wilayah Magelang yang kesulitan mendapatkan air menjadi wilayah yang subur untuk pertanian.

“Jadi, dahulu ceritanya di sini wilayah yang kering. Oleh Kiai Ma’shum dilakukan sistem-sistem pertanian yang menjadikan daerah sini subur,” katanya.

Oleh sebab itu, menurut Ganjar, cerita-cerita perjuangan dari pesantren harus terus dilanjutkan melalui perhatian terhadap pendidikan santri.

“Pesantren dan santri juga harus mendapat perhatian sehingga ilmu para ulama terus mengalir ke generasi penerus,” ujarnya.

Setelah mengunjungi Ponpes Al-Ma’shum, Ganjar ngopi dan ngobrol bersama petani di Dusun Gunung Bakal, Desa Sumberarum, Kabupaten Magelang pada pukul 15.00 WIB.

Ganjar juga menghadiri pertemuan dengan tim pemenangan daerah (TPD), tim pemenangan cabang (TPC), calon anggota legislatif (caleg), dan sukarelawan se-Magelang di Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, pada pukul 16.15 WIB.

Selanjutnya, Ganjar bertemu dan ngobrol bersama pelaku seni di Pasar Pahing Pucang, Kabupaten Magelang, lalu mampir ke pasar. Agenda tersebut sejak pukul 17.30 WIB.

Pada pukul 19.15 WIB, Ganjar menghadiri pertemuan dengan TPD, TPC, caleg, dan sukarelawan se-Temanggung di Desa Caruban, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Masih di Temanggung, Ganjar menghadiri acara selawatan Habib Zidan di Lapangan Maron, pada pukul 20.35 WIB. Agenda terakhir Ganjar adalah melakukan perjalanan menuju rumah warga di Kabupaten Wonosobo pada pukul 22.20 WIB.

(Ketix.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *