Berita  

[Update] Terlalu Teoritis, Semua Indah – Ketix.id

Ketix.id.ID JAKARTA – Prabowo Subianto, capres nomor urut 2, menanggapi pernyataan capres nomor urut 1 Anies Baswedan terkait strategi pertahanan siber dalam debat ketiga Pemilu Presiden 2024 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1).

Dalam kesempatan itu, Prabowo menilai bahwa jawaban Anies terlalu teoritis. Sebab, inti permasalahan terkait pertahanan siber bukanlah penggunaan teknologi tercanggih melainkan harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

“Saya berpandangan bahwa Pak Anies terlalu teoritis, semuanya bagus, indah tetapi yang nyata tentang masalah AI (_artificial intelligence_), _cyber_, teknologi tinggi, dan sebagainya adalah sumber daya manusianya, awaknya,” kata Prabowo.

Selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo telah membentuk empat fakultas baru di Universitas Pertahanan (Unhan) RI yaitu _Science_, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

“Begitu jadi menteri, saya membentuk empat fakultas baru di bidang _Science, _Technology, _Engineering dan _Mathematics_,” kata dia.

Melalui fakultas tersebut, putra-putri terbaik bangsa dibina agar mampu menjadi SDM pertahanan yang memberikan sumbangsih bagi kemajuan negara, khususnya di bidang teknologi yang terus berkembang pesat.

“Kita menyiapkan putra-putri terbaik untuk menguasai teknologi, untuk menguasai _science_, untuk menguasai AI, untuk menguasai _cyber_,” imbuh dia.

Prabowo menegaskan, teknologi yang canggih bukanlah hal utama yang harus dimiliki oleh sebuah bangsa. Jika ingin menjadi bangsa yang kuat, maka Indonesia harus menguasai sistem teknologi tersebut.

“Bukan barang yang kita beli, kita harus kuasai _know how_ -nya, kita harus kuasai sistemnya, yang harus kita pegang,” tegas dia.

“Menurut saya itu adalah inti daripada masalah, tidak hanya bicara yang baik-baik saja,” pungkas Prabowo.

(Ketix.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *