Berita  

[Update] Wakapolri Hadiri Peletakan Batu Pertama Rusun Anggota Polri di Blora – Ketix.id

Ketix.id.ID BLORA  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan dukungan penyediaan hunian layak bagi para petugas Hankam dengan membangun rumah susun (Rusun) bagi para anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Rusun Polri di Kabupaten Blora akan dibangun dengan satu tower dengan 44 unit hunian dengan mekanisme Kontrak Tahun Jamak (Multi Years Contract) Tahun 2023 – 2024 yang mampu menampung sebanyak 176 orang, lengkap dengan meubelair terrmasuk Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU).

“Pembangunan Rusun ini merupakan wujud sinergitas Kementerian PUPR dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam hal upaya penyelenggaraan hunian yang layak dan terjangkau untuk anggota Polri/TNI, sehingga kami berharap agar Rumah Susun Polri,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rusun Polri di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (30/1/2024).

Iwan menjelaskan, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan berharap Rusun Polri di Kabupaten Blora ini dapat menjadi hunian layak, bermanfaat dan berkelanjutan bagi para pegawai anggota Polri yang bertugas di Kepolisian Resor Blora.

Pembangunan Rumah Susun Polri Blora ini juga merupakan salah satu wujud dukungan Kementerian PUPR dalam mewujudkan fasilitas hunian yang layak, sarana pembinaan keluarga serta menunjang pelaksanaan tugas para anggota Polri.

Selain itu, Kementerian PUPR juga berharap ketika pembangunan Rusun selesai dan dihuni, maka Polri dapat mengalokasikan anggaran operasional, pemeliharaan, dan perawatan Rusun ini kedepan agar hunian ini terpelihara dengan baik secara berkelanjutan dengan menunjuk atau membentuk pengelola Rusun yang profesional.

“Kami juga ingin agar anggota Polri beserta keluarganya bisa memiliki perumahan layak huni, berkualitas dan terjangkau. Rusun ini dibangun dengan menggunakan dana APBN sehingga harapannya aset yang akan dibangun ini bisa dijaga keberadaan dan kondisinya agar selalu laik fungsi,” terangnya.

Sebagai informasi, berdasarkan data Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, sejak tahun 2010 telah dibangun sebanyak 26 tower Rusun di Provinsi Jawa Tengah yang diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Polri. Lokasi pembangunan Rusun Polri tersebut rencananya berada di depan Pasar Sido Makmur di Kabupaten Blora dan dibangun dengan mekanisme Kontrak Tahun Jamak (Multi Years Contract) Tahun 2023 – 2024. Adapun spesifikasi bangunan terdiri dari tiga lantai dengan 44 unit hunian dengan kapasitas 176 orang serta dilengkapi dengan 44 set meubelair, serta termasuk Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) berupa perkerasan atau paving blok, lampu taman dan drainase.

“Kami juga berharap dukungan mita kerja untuk ikut serta dalam pengawasan pembangunan Rusun dan meminta penyedia jasa untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi teknis yang sudah disepakati, tertib administrasi sesuai dengan lampiran Peraturan Menteri PUPR Nomor 10 Tahun 2021 serta tetap menjaga kualitas, pengendalian manajemen proyek yang baik sehingga bisa selesai tepat waktu. Selain itu, konsultan pengawas lapangan juga lebih cermat dalam melakukan pengawasan pekerjaan dan mengecek kesesuaian dengan gambar kerja serta melaporkan ke Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) apabila ada perubahan spesifikasi teknis untuk dilakukan addendum,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komisaris Jenderal. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H menyatakan atas nama Kapolri mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang akan memulai pembangunan Rusun untuk anggota Polri. Pembangunan Rusun dinilai sangat membantu dan akan meningkatkan kinerja anggota Polri di lapangan.

“Polri akan siap mengawal semua proses pembangunan yang dikerjakan Kementerian PUPR. Kami juga akan meminta para anggota Polri untuk menjaga dan merawat Rusun, PSU dan meubelairnya dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kabupaten Blora H. Arief Rohman ,S.IP, M.Si, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Asisten Sumber Daya Manusia Polri, Asisten Bidang Logistik Polri Kepala Biro Fasilitas dan Konstruksi Polri, Kepala Biro Reformasi dan Birokrasi Polri, Kepala Sekolah Pimpinan Pertama, Kepala Pusat Indonesian Automatic Finger Print Indentification System, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Kapolres Blora, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III, dan Forkompinda Kabupaten Blora.

 

(Ketix.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *